Post Page Advertisement [Top]


Mungkin  agak  asing  ketika  pertama  kali  mendengar  nama  UNIX”,  beda halnya bila kita mendengar kata DOS atau WINDOWS yang sudah tidak asing di telinga lebih-lebih bagi yang telah bekerja menggunakan komputer dalam pekerjaan sehari-hari  di  kantor  maupun  di  rumah. UNIX  tidak  beda  dengan  DOS  atau WINDOWS yakni sejenis operating system atau sistem operasi yang diinstalasi pada komputer.    Letak perbedaannya adalah UNIX umumnya diinstalasi pada workstation dalam suatu jaringan komputer dan jarang diinstalasi pada komputer stand alone. Microsoft Press Computer Dictionary 3rd Edition mendefinisikan Operating System sebagai :


The software that controls the allocation and usage of hardware resources such  as  memory,  central  processing  unit  (CPU)  time,  disk  space,  and peripheral devices. The operating system is the foundation on which applications are built. Popular operating systems include Windows 95, Windows NT, Mac OS, and UNIX. Also called executive. Acronym: OS.

Grace Todino, John Strang dan Jerry Peek dalam bukunya yang berjudul Learning the UNIX Operating System” menyatakan bahwa operating system sebagai :

A  collection  of  program  that  controls  and  organizes  the  resources  of  a computer system. These resources consist of hardware components such as terminals, printers and line printers, and the software programs that tell the computer to perform specific tasks.

 Jadi Operating System disingkat OS – pada intinya adalah suatu program yang terdiri dari program-program kecil yang digunakan untuk mengendalikan semua sumber daya – lebih umum disebut dengan resource yang ada pada suatu sistem komputer dan sebagai landasan beroperasinya program aplikasi.


UNIX muncul melalui proses yang cukup panjang. Tonggak sejarah UNIX dimulai pada tahun 1969 ketika Ken Thompson, Dennis Ritchie dan beberapa rekan mulai  bekerja  pada  sesuatu  yang  nantinya  menjadi  UNIX. Nama  "UNIX" sebenarnya ditujukan untuk sebuah permainan pada MULTICS yang sebelumnya ditulis UNICS sebagai singkatan dari UNiplexed Information and Computing System.  Selama 10  tahun  pengembangan UNIX  pada  dasarnya  dilakukan  di perusahaan AT & T Bell Labs, Amerika Serikat.  Versi-versi awal UNIX diberi label “Version n” atau “Nth  Edition” pada buku petunjuknya (manual) dan ditujukan untuk mesin DEC PDP-11 (16 bit) dan VAX (32 bit).
Beberapa versi diantaranya adalah :
           V1 (1971) Versi I UNIX (VI) dalam bentuk assembler pada PDP-

11/20. Termasuk didalamnya adalah file system, fork(), roff, ed. Digunakan sebagai alat pengolah kata (text processor). Perintah pipe() muncul pertama kali pada UNIX V2.


         V4 (1973) Ditulis ulang dalam bahasa C, yang merupakan momen paling penting dalam sejarah Operating System; maksudnya UNIX dapat    dipasangkan (ported)   pada    suatu   hardware   baru  selama berbulan-bulan dan perubahan-perubahan dapat dilakukan dengan mudah.  Bahasa C pada awalnya memang dirancang  untuk sistem operasi UNIX sehingga terdapat sinergi yang kuat antara C dan UNIX.


         V6  (1975)   Versi  pertama  UNIX  yang  tersedia  di  luar  Bell  Labs terutama  di       lingkungan universitas. In  juga merupakan awal popularitas UNIX.  Varian UNIX berlabel 1.xBSD (PDP-11) diturunkan dari versi ini.


        V7 (1978) Ini adalah "last true UNIX".  Bourne pencipta Bourne shell – mengatakan UNIX V7 adalah peningkatan dari semua yang mengawali dan mengikuti UNICES.        Ia dilengkapi dengan bahasa C dari Brian Kernighan & Dennis Ritchie (K&R), uucp, Bourne shell.   V7 diinstalasi pada VAX 32V. Kernel V7 besarnya hanya 40 Kbytes dan harganya $100 untuk universitas dan $21,000 untuk perorangan.
 
Setelah melepas UNIX V7, AT & T Bell Labs mendirikan UNIX Support Group (USG) yang di kemudian hari berganti nama menjadi UNIX System Laboratories (USL) untuk menyebarkan luaskan UNIX sebagai produk komersial.  USL melepas produknya yang berlabel System III dan System V yang nantinya memberikan pengaruh besar pada sistem-sistem modern. Salah satu varian yang diturunkan dari UNIX adalah Berkeley Software Distribution (BSD) yang dikembangkan mulai tahun 1977 oleh Computer System Research Group (CSRG) University of California di Berkeley. BSD mencapai puncaknya pada versi 4.4BSD pada tahun 1993.  Pada

perkembangan berikutnya beberapa perusahaan besar seperti Silicon Graphics, Sun Microsystem, Hewlett-Packard dan IBM membuat sistem operasi sendiri untuk komputer produksinya tetapi tetap berkiblat pada salah satu sistem operasi berbasis UNIX yang ada; AT & T dan BSD.  Sehingga ada sistem operasi yang lebih condong ke UNIX AT & T seperti IRIX dan Solaris dan ada yang lebih condong ke UNIX BSD seperti SunOS dan NextStep.  Untuk anda yang berminat untuk melihat sejarah perjalanan UNIX sampai dengan tahun 2002 yang telah menurunkan banyak sekali varian seperti LINUX yang populer akhir-akhir ini, dapat melihatnya pada alamat web site  http://www.levenez.com/unix/.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib