Post Page Advertisement [Top]


Ada beberapa karakteristik utama UNIX yang juga merupakan “sifat” bawaan melekat (inherent) sejak ia pertama kali diciptakan dan membedakannya dengan DOS, WINDOWS atau OS lainnya yakni :

Multitasking. UNIX dirancang sejak awal untuk mendukung fungsi ini yakni dapat mengerjakan lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan. Misalnya  membuka  beberapa  shell  dan  mengerjakan tugas-tugas berbeda pada shell-shell tersebut.  Fitur multitasking baru diperkenalkan oleh Microsoft pada WINDOWS 3.0 pada awal tahu 1990-an.


Multiuser.  Fitur ini ada kaitannya dengan jaringan komputer dan ini adalah visi pembuatan UNIX yakni mampu mengakomodasi lebih dari satu pengguna pada waktu yang bersamaan.  Kemampuan networking pada PC sebelum didukung oleh WINDOWS 3.11, didukung oleh NOVELL NETWARE yang dijalankan pada DOS.

Network. Pada dasarnya UNIX dirancang untuk digunakan sebagai OS jaringan komputer.  Pada masa awal kejayaan DOS, untuk jaringan komputer ia dikombinasikan dengan Network Operating System (NOS) dari NOVELL NETWARE atau dua OS dalam satu PC.

Time-sharing.  Fitur   ini   berkaitan dengan kemampuan untuk mendukung running program pada waktu yang bersamaan dari lebih dari satu pengguna dari terminal yang berbeda.  Fitur ini diaplikasikan pada server berbasis UNIX.

Device Independence. UNIX memperlakukan device dan file dalam derajat yang sama sehingga tidak ada batasan pada jumlah device yang  dipasang. Konsep ini  berbeda  dengan  WINDOWS  yang memperlakukan device sebagai perangkat yang dipasangkan pada komputer. Bila tidak ada device yang diinstalasi maka WINDOWS tidak akan menampilkannya

Graphical User Interface (GUI). Pada dasarnya UNIX adalah OS berbasis window dan fasilitas ini dinamakan dengan X-Window sehingga memudahkan pengguna  dalam  mengakses komputer (friendly).  Jauh hari sebelum Microsoft menciptakan WINDOWS, X- Window telah dikembangkan pada UNIX OS.

Remote Application.  Pengguna dapat mengakses terminal lain dan mengakses informasi yang ada di dalamnya secara mudah dengan fasilitas remote command. UNIX menyediakan fasilitas remote cukup banyak mulai login, copy, shell dan sebagainya dan ini sangat membantu  pada  jaringan  komputer  besar  dengan  lokasi  komputer yang jaraknya berjauhan.


Menengok lebih dalam lagi, kita akan menemukan “otak” UNIX OS ini.  Bagi pengguna LINUX pasti sudah tidak asing dengan istilah Kernel atau kalau diterjemahkan adalah Inti”. Pocket Oxford Dictionary terbitan Oxford University Press tahun 1994 menjelaskan Kernel diambilkan dari bahasa Inggris kuno yang diartikan sebagai essence of anything (pokok atau intisari dari segalanya).Istilah “Kernel” sudah sejak awal dipakai dalam UNIX OS, jauh-jauh hari sebelum Linus Thorvalds menciptakan LINUX karena  kurang puas dengan MINIX varian OS berbasis UNIX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib